Belajar Bisnis Online dari Negara China

Belajar Bisnis Online dari Negara China

Mengenai jual beli dan masalah bisnis online, ternyata kita harus mengakui bahwa China saat ini merupakan salah satu negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia ini telah berhasil menjadi negara bisnis baik bisnis reguler maupun bisnis online. Salah satu bukti pencapaiannya adalah negeri tirai bambu ini mampu menjadi eksportir terbesar di dunia.

Dengan kemampuan bisnisnya yang sangat luar biasa, tidak ada salahnya jika kita mencontoh dan mempelajari prinsip bisnis mereka.

Beberapa prinsip bisnis yang bisa kita contoh dari negara China adalah:

Konsep Amati – Tiru – Modifikasi

Mayoritas dari Anda pasti sudah tahu bahwa China adalah negara yang suka meniru produk milik orang lain.

Ya walaupun hal ini terkesan negatif, namun kenyataannya, dengan produk tiruan yang dihasilkan oleh China tetap berhasil menghasilkan keuntungan yang besar.

Bahkan, dalam beberapa kasus, jumlah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan peniru bisa jauh lebih besar dari jumlah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan aslinya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita turut menggunakan konsep ATM ini dalam bisnis yang kita jalankan.

Disiplin dan Kerja Keras

Selain tangguh, ternyata orang Cina memiliki karakter disiplin dan semangat kerja yang sangat luar biasa.

Menurut hasil penelitian, berkat karakter disiplin dan kerja keras yang dimiliki oleh warga Cina, perusahaan yang ada di negara China cenderung jauh lebih produktif ketimbang perusahaan yang ada di negara – negara lainnya.

Itulah kenapa banyak perusahaan multi nasional yang mendirikan pabrik di China. Dibidang bisnis online juga terjadi hal yang sama, para pemain bisnis online pasti sudah kenal Jack Ma, pemilik bisnis online Alibaba yang sangat terkenal.

Nah, dalam prakteknya, kita bisa mencontoh karakter ini untuk diaplikasikan pada tenaga kerja yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *